SEO graphics
Meluruskan strategi SEO Anda saat Bisnis membutuhkan Perubahan
Desember 8, 2017

Cara Menentukan Siapa Target Pelanggan Anda

Target Pelanggan

Bagaimana cara menaikkan angka penjualan produk barang/jasa Anda? Tidak ada cara lain, yakni dengan memperoleh pembeli sebanyak mungkin. Cara untuk mendapatkannya yaitu dengan melakukan pemasaran.

Mungkin sering kita dengar, suatu perusahaan telah melakukan pemasaran sekuat tenaga namun tetap tidak memberikan hasil maksimal. Kenapa demikian?

Ini bisa terjadi karena mereka salah menarget pasar. Jika hal itu terjadi, ini membuat pemasaran menjadi sia-sia. Lalu bagaimana caranya agar Anda bisa melakukan pemasaran lebih tepat sasaran?

Berikut caranya menurut situs Folio POS.

Siapa Target Pelanggan Anda

 

Kenali Target

Ini menjadi hal yang harus Anda ketahui sebelum memasarkan produk. Anda perlu tahu identitas yang menjadi target pemasaran, misalnya, jenis kelamin, target usia, hingga status ekonomi dan latar belakang sosial budaya.

Kenapa harus demikian? Contoh, Anda memiliki produk kecantikan yang dikemas berwarna-warni dan lucu dan akan dipasarkan. Tentunya Anda tak mungkin memasarkannya di kalangan ibu-ibu, bukan?

Apa yang Sedang Tren di Kalangan Konsumen Saat Ini?

Ini juga menjadi hal yang perlu diketahui oleh Anda pembuat suatu produk, apa yang sedang hits di kalangan para pelanggan. Lalu bagaimana cara mengetahuinya?

Anda bisa mencarinya di dunia maya dengan bergabung di berbagai forum, media sosial atau situs tertentu. Dari sini, Anda bisa tahu apa yang diinginkan pelanggan namun belum bisa dipenuhi oleh kompetitor Anda.

Memahami Perilaku Target Pemasaran

Anda bisa mengetahui perilaku mereka dengan memperhatikan bagaimana konsumen berbelanja, kecenderungan barang-barang apa yang sering dibeli, dan lain-lain.

Anda juga perlu tahu tipe-tipe konsumen yang menjadi target, apakah mereka lebih suka membeli secara online atau mendatangi langsung toko.

Menentukan Produk yang Akan Dipasarkan

Setelah tahu berbagai kekurangan kompetitor, kini Anda bisa dengan mudah menawarkan produk yang bisa menjawab kebutuhan pasar. Namun produk ini harus jelas spesifikasinya dan untuk siapa. Dengan demikian Anda bisa fokus dalam membidik konsumen.

Memantapkan Keputusan

Setelah semuanya telah dilakukan dan telah dipasarkan, Anda bisa mengkaji ulang tentang keputusan yang telah diambil. Apakah ini benar-benar telah memberikan manfaat kepada konsumen, lalu apakah Anda sudah menyasar target pasar yang sesuai rencana?

Itulah kelima hal yang perlu Anda ketahui dalam menentukan target pasar untuk suatu produk barang/jasa. Anda harus mampu menjawab tantangan dari konsumen dan tentu saja memiliki nilau lebih dari kompetitor Anda.

Dengan demikian, Anda pun bisa memetik hasilnya di kemudian hari. Janganlah melakukan pemasaran secara acak, apalagi dengan produk barang/jasa yang kurang spesifik. Ini akan memberikan hasil yang kurang maksimal.

Mulailah dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan Anda bisa merasakan hasilnya, tidak dengan instan namun lambat laun, Anda bisa mendapatkannya.